Sunday 28 June 2015

Tips Menjadi Wartawan 1

Bagi sebagian besar masyarakat, jurnalis adalah profesi yang cukup mewah. Meski kalangan jurnalis sendiri, utamanya di Indonesia masih memiliki banyak PR dengan dunia yang dia pilih ini. Apakah itu?

Mungkin Anda pernah mendengar istilah Jurnalis Anplop, Jurnalis Bodrex, jurnalis abal-abal dan istilah lainnya yang disematkan kepada jurnalis, yang merupakan dampak dari ulah segelintir oknum jurnalis, atau orang yang berbuat atas nama sebagai seorang jurnalis  diluar ketetapan yang diatur dalam Kode Etik Jurnalistik.

Salah satu penyebabnya adalah, di era kebebasan ini, sangatlah mudah mendirikan media dan memiliki katu pers. Kemudahan dan kebebasan itulah sehingga banyak bermunculan jurnalis yang tidak melalui tradisi dunia jurnalis sendiri. Dan banyak factor lainnya.

Dan yang fatal lagi adalah, ketika kalangan jurnalis membuat satu pelatihan jurnalistik, yang katanya untuk tingkat dasar, tetapi pembahasan langsung ke hal-hal teknis dilapangan. Mulai teknik wawancara, teknik menulis berita, hingga sifat dan nilai berita.

Tanpa mengajak terlebih dahulu seorang calon wartawan untuk mengetahui, bagaimana seharusnya menjadi seorang pewarta.

Saya pribadi lebih cenderung agar seorang calon wartawan, diperkenalkan dulu aspek ruhiyah dari ilmu jurnalistik. Yang menurut saya itu dibahas dalam bukunya Bill Kovach dan Tom Rosenstiel yang berjudul “7 Elemen Jurnalistik”.

Okey…saya tidak akan membahas lebih lanjut soal ini. Yang jelas, apalah guna paham menulis, teknik wawancara, jenis berita, dan sebagainya jika tidak mengetahui hal yang sangat mendasar ini.
Dan hal utama lainnya adalah, calon pewarta harus dijelaskan soal UU Nomor 40 tahun 1999 tentang pers. Ya, pokok-pokok Kode Etik Jurnalistik  ini harus dijelaskan kepada calon pewarta sejak awal.

Baru menginjak ke hal-hal lain. Dengan pokok pembahasan dibawah ini.

Ruang Lingkup Dasar-Dasar Jurnalistik

Dasar-Dasar Jurnalistik adalah hal-hal mendasar tentang dunia jurnalistik yang meliputi dua hal:

1.       Pengetahuan (knowledge)
2.       Keterampilan (skill) jurnalistik
http://lahantani.blogspot.com/
Dasar-Dasar Jurnalistik dalam hal pengetahuan yang terpenting adalah pengetahuan tentang "istilah-istilah kunci" (key terms) atau "kata kunci" (keywords) seperti sejarah dan asal-usul kata jurnalistik itu sendiri, pengertian jurnalistik, produk jurnalistik, berita, reportase, kode etik jurnalistik, bahasa jurnalistik, pers, media, wartawan, reporter, redaksi, editor, dan sebagainya.

Dasar-Dasar Jurnalistik dalam hal keterampilan yang terpenting adalah teknik reportase, termasuk wawancara, dan penulisan berita karena berita merupakan produk utama jurnalistik sekaligus karya utama wartawan (jurnalis).


Pengertian Jurnalistik
Pengertian istilah jurnalistik dapat ditinjau dari tiga sudut pandang:

1.       Harfiyah
2.       Konseptual/Teoretis
3.       Praktis
Secara harfiyah, jurnalistik (journalistic) artinya kewartawanan atau kepenulisan. Kata dasarnya “jurnal” (journal), artinya laporan atau catatan, atau “jour” dalam bahasa Prancis yang berarti “hari” (day). Asal-muasal kata jurnalistik dari bahasa Yunani Kuno, “du jour” yang berarti hari, yakni kejadian hari ini yang diberitakan dalam lembaran tercetak.

Secara konseptual, jurnalistik dapat dipahami dari tiga sudut pandang:

1.       Proses.
2.       Teknik.
3.       Ilmu.
Produk Utama Jurnalistik: Berita

Aktivitas atau proses jurnalistik utamanya menghasilkan berita, selain jenis tulisan lain seperti artikel dan feature. Berita adalah laporan peristiwa yang baru terjadi atau kejadian aktual yang dilaporkan di media massa.

Tahap-tahap pembuatan/penulisan berita adalah sebagai berikut:
1. Mengumpulkan fakta dan data peristiwa yang bernilai berita –aktual, faktual, penting, dan menarik—dengan “mengisi” enam unsur berita 5W+1H (What/Apa yang terjadi, Who/Siapa yang terlibat dalam kejadian itu, Where/Di mana kejadiannya, When/Kapan terjadinya, Why/Kenapa hal itu terjadi, dan How/Bagaimana proses kejadiannya)

2. Fakta dan data yang sudah dihimpun dituliskan berdasarkan rumus 5W+1H dengan menggunakan Bahasa Jurnalistik –spesifik= kalimatnya pendek-pendek, baku, dan sederhana; dan komunikatif = jelas, langsung ke pokok masalah (straight to the point), mudah dipahami orang awam.

3. Komposisi naskah berita terdiri atas: Head (Judul), Date Line (Baris Tanggal), yaitu nama tempat berangsungnya peristiwa atau tempat berita dibuat, plus nama media Anda, Lead (Teras) atau paragraf pertama yang berisi bagian paling penting atau hal yang paling menarik, dan Body (Isi) berupa uraian penjelasan dari yang sudah tertuang di Lead. 

0 komentar :

Post a Comment

lahan tani lahan tani lahan tani lahan tani