Saturday 5 September 2015

Kata Sejarah Tentang Terorisme (tulisan 5)

Dalam buku “The History of Terroris; From Antiquity to Alqaeda” diungkapkan, bahwa fenomena terorisme lebih sulit diungkapkan untuk mengkonseptualisasikannya dari pada kemunculannya pertama kali.

Isu ini cenderung membingungkan para penafsir ideologis, dan bersamaan dengannya sangat menggoda; khususnya sebagian pemerintah untuk mengambil jalan atau terpaksa menggunakan kekejaman bilamana istilah ini muncul.

Posisi terbaik memulainya mungkin dengan cara mengungkapkan kembali bahwa “the point of terror” adalah melakukan terror (to terrorize)., sebuah peran yang secara historis diasumsikan dengan kekuatan terorganisir, Negara atau tentara, paling tidak ketika terjadi rezim despotic. Inilah cara yang digunakan dalam kasus Negara-negara non demokratis.

Terror Pertama Dunia Yang Menakutkan

Kata Teror berasal dari bahasa latin kuno, “terrere” yang berarti menakui-nakuti.
Kata ini muncul pertama kali sebagai catatan sejarah dalam “terror Cimbricus”, sebuah pernyataan darurat Bangsa Romawi atas serangan suku Cimbri tahun 105 SM yang mengakibatkan terbunuhnya sekitar 80 ribu – 120 ribu jiwa.

Kata ini kembali muncul sebagai preseden “ The Reign of Terror”, “Laterreur”, Bahasa Perancis, yang digunakan salah satu kelompok politik The Jacobin Club dan “Girondins”, yang muncul untuk menakuti warga Perancis dengan simbol Pisau Guillatine.

Pisau Guillatine adalah nama yang dinisbatkan kepada Josepth Ignace Guillotin, tokoh yang menyarankan penggunaan pisau yang terdiri atas dua balok kayu, ada lubang ditengah serta lubang tempat jatuhnya pisau tepat pada leher terdakwa atau tokoh-tokoh tiran Perancis, seperti Louis XVI, Louis Philipe II dan Madame Roland. Catatan sejarah korban mencapai 18.500 – 40 ribu jiwa.

Menurut Grandt Wardlaw dalam Political Terrorism, 1982, manivestasi terorisme secar sistematis baru muncul setelah Revolusi Perancis.Dalam suplemen kamus yang dikeluarkan akademisi Perancis tahun 1978, terorisme lebih diartikan sebagai teros sistem rezim.
Istilah ini merefleksikan perilaku pemerintahan terror yang berlangsung antara tanggal 5 September 1973 sampai 27 Juli 1974.Pemerintahan represif ini bermaksud untuk menghukum dan membunuh mereka yang melawan Revolusi Perancis 1989.

bersambung ke curcollogi berikutnya .............

0 komentar :

Post a Comment

lahan tani lahan tani lahan tani lahan tani