Monday 22 June 2015

Lucu, Kelucuan, Logika Terbalik, Salah dan Kesalahan

curcollogi
Hal apa yang membuat kita tertawa?. Dan apa yang patut kita tertawakan?. Entahlah…
Pernahkah Anda menonton acara komedi di stasiun televisi, sebagai host suatu acara, Andre Taulani yang duduk sambil mengangkat dan meletakkan di salah satu pahanya, kemudian asyik menggaruk telapak sepatunya, seolah dia sedang menggaruk telapak kakinya.
Tak berselang, sang partner Sule mengomentari tingkah si Andre dengan kata-kata yang secara tak langsung menyebut sikap bodoh, tentu dengan gaya yang sengaja memancing siapa yang melihat aksi itu untuk tertawa.
Dan mungkin, Anda dan saya akan tergelak melihat tingkah tak masuk akal dari si Andre. Tapi itulah komedi, suguhan sikap, kata-kata, mimic muka, hingga kostum yang terbalik dengan kewajaran adalah yang justru menarik perhatian kita. Lucu. Dan kita tertawa.
Sering kali kita terpancing mentertawakan kesalahan, keanehan dan ketidakwajaran. Hingga hal-hal yang seharusnya kita prihatin ataupun menghormati sebagai hal sakral terhadapnya, sering justru dijadikan kita jadikan tertawaan.
Bahkan, untuk sekedar memancing tertawaan, tidak sedikit stasiun televisi menyuguhkan program komedi, dengan menampilkan sosok yang bukan komedian. Yang memaksakan diri untuk lucu, dengan bermacam rupa perkataan, dandanan dan yang tak jarang  mentertawakan hal-hal yang tidak lucu, maksa.
Yach…banyak program siar media televisi menyajikan program siar yang berlawanan dengan akal sehat, kewajaran, mungkin juga kemanusian.
Jika tertawa adalah sehat?, lantas apakah Mentertawakan kesalahan, apakah cermin jiwa yang sakit.


0 komentar :

Post a Comment

lahan tani lahan tani lahan tani lahan tani